Aneka Tips Sehat Menjalankan Puasa Selama Bulan Ramadhan

Tips Sehat Menjalankan Puasa Selama Bulan Ramadhan-Sebentar lagi kebiasaan sehari-hari yang biasa kita lakukan bakal berubah tidak seperti biasanya, seperti tidur, makan, minum, dan juga beberapa hal lainnya akan berbeda.

Mengenai tidur tidak boleh terlalu malam apalagi begadang, selain guna menjaga kebugaran dan kesehatan, tidur lebih cepat bisa membuat bangun tidak kesiangan untuk melaksanakan makan sahur.

Memang makan sahur apabila mengerjakannya mendapatkan pahala dan tidak mendapatkan dosa jika mereka meninggalkannya atau sunnah hukum sahur puasa di dalam Islam. Meski demikian, jika kita ingin pahala maka jangan lewatkanlah sahur, disamping itu selain sahur memiliki keutamaan juga akan menjadi bekal energi sehari-hari ketika sedang berpuasa.

Aneka Tips Sehat Menjalankan Puasa Selama Bulan Ramadhan

Hukum puasa ramadhan sendiri hukumnya wajib bagi setiap muslim, dan supaya kesehatan anda terjaga dengan baik dan agar tidak tertinggal dalam menjalankannya akan kami sampaikan aneka tips sehat puasa ramadhan selama beraktivitas seharian.

Tips Sehat Ketika Berpuasa Ramadhan
1.Disiang hari jika panas terik, hindarilah untuk berlama-lama di terik matahari & kurangi aktifitas fisik.

2.Apabila ada waktu, sempatkanlah buat mengistirahatkan tubuh anda, & mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.

3.Bila mempunyai waktu santai pada sore hari, sempatkan untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Karena, hal ini sangat baik buat menjaga kebubagaran tubuh & memperlancar peredaran darah.

Tips Sehat Berbuka Puasa Ramadhan
1.Pada saat tiba waktunya berbuka, jangan makan dengan berlebihan. Ada baiknya mengikuti sunnah, ialah buka puasa dengan buah kurma & minuman yang manis, bisa dengan jus buah, susu, atau juga sekedar air. Minum air lah yang cukup buat mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

2.Setelah shalat magrib, kemudian melanjutkan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi anda yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.

3.Hindari konsumsi gorengan yang berlebih, serta batasi makanan yang pedas, menjaga perut agar tidak sakit dan mengganggu pencernaan tubuh anda.

4.Cukupi asupan air tubuh anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur.

Tips Sehat Sahur Puasa Ramadhan 
1.Mengatur jadwal waktu untuk makan sahur di akhir waktu. Selain bermanfaat buat menunjang selama puasa seharian, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.

2.Janganlah makan berlebihan, tapi makanlah dengan porsi normal. Dan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah & sayuran. Menyantap makanan yang terkandung banyak air ketika sahur pun sangat bagus buat hidrasi tubuh anda sepanjang hari.

3. Untuk menyempurnakan nutrisi tubuh anda, akhiri santap sahur dengan segelas susu. Minumlah multivitamin atau suplemen yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.

4.Batasi dan janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan terlalu manis, sebab sebenarnya bisa membuat tubuh lemas di siang hari.

5.Mengkonsumsi air putih yang cukup. Sebelum waktunya imsak, maka minumlah air yang cukup 3 hingga 5 gelas. Dan ada baiknya hindari minuman berkafein seperti kopi serta teh karena bersifat diuretik & membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.